Ini kekayaan cagub di Jawa, Jateng miskin-miskin & Jatim tajir-tajir

Ini kekayaan cagub di Jawa, Jateng miskin-miskin & Jatim tajir-tajir

Ini kekayaan cagub di Jawa, Jateng miskin-miskin & Jatim tajir-tajir

www.contrabandamusic.com - Tahapan Pilkada serentak 2018 telah dimulai. Ratusan pasang kandidat terdaftar di KPU, baik sebagai bakal calon gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, maupun wali kota/wakil wali kota.

Di antara ratusan pilkada ini, pemilihan gubernur di Pulau Jawa menyita perhatian tersendiri. Sebab, hasil pilgub di Jawa bisa dijadikan partai politik untuk mengukur kekuatan demi persiapan bertarung di Pilpres 2019.

Di Jawa ada delapan pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur. Rinciannya, empat pasang di Jawa Barat, dan masing-masing dua pasang di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dari para kandidat ini, salah satu poin yang dicermati publik adalah soal kekayaan mereka. Para kandidat yang semuanya berlatar belakang pejabat, maka sudah seharusnya jika mereka sebelumnya telah melaporkan harta kekayaannya ke KPK. Namun, ada satu kandidat yang ternyata belum melaporkan, yakni TB Hasanuddin yang maju di Pilgub Jabar berpasangan dengan Anton Charliyan.

Laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) ini rata-rata dilakukan beberapa tahun lalu. Sehingga, besar kemungkinan masih akan berubah menyesuaikan dengan laporan terbaru. Namun setidaknya dara terakhir LHKPN ini bisa menjadi gambaran seberapa kaya para kandidat itu. Berikut ini daftar harta kekayaan kandidat gubernur yang bersaing di Pilkada 2018, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (19/1).

1. Deddy Mizwar.

foto: Instagram/@deddy_mizwar

Sosok yang berpasangan dengan Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar ini tercatat terakhir melaporkan hartanya pada April 2016. Ketika itu hartanya mencapai Rp 38,9 miliar.

2. Khofifah Indar Parawansa.

foto: Instagram/@khofifah.ip

Khofifah yang berpasangan dengan Emil Dardak ini akan bersaing di Pilgub Jatim. Pada November 2014 silam, mantan Mensos ini melaporkan memiliki harta kekayaan Rp 36,3 miliar.

3. Syaifullah Yusuf.

foto: Instagram/@gusipul_id

Pria yang akrab disapa Gus Ipul ini berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno dalam Pilgub Jatim. Berdasarkan LHKPN April 2015, kekayaan Gus Ipul mencapai Rp 13,6 miliar.

4. Ridwan Kamil.

foto: Instagram/@ridwankamil

Ridwan Kamil dengan pasangannya Uu Razanul Ulum, akan bersaing merebut kursi Jabar 1. Kang Emil, begitu biasa dia disapa, pernah melaporkan kekayaannya pada Desember 2015 dengan total hartanya sekitar Rp 8,2 miliar.

5. Sudirman Said.

foto: Instagram/@pak.sudirman.said

Sudirman Said akan mencoba peruntungannya di Pilgub Jateng berpasangan dengan Ida Fauziah. Pada Oktober 2016 lalu, Sudirman melaporkan bahwa jumlah hartanya sebanyak Rp 3,81 miliar.

6. Ganjar Pranowo.

foto: Instagram/@ganjar_pranowo

Ganjar Pranowo menggandeng Taj Yasin Maimun untuk bisa kembali menjadi Gubernur Jateng pada Pilgub 2018. Berdasarkan LHKPN Juli 2014, Ganjar memiliki kekayaan Rp 3,7 miliar.

7. Sudrajat.

foto: merdeka.com

Sudrajat dengan pasangannya, Ahmad Syaikhu, akan bersaing dengan tiga pasang kandidat di Pilgub Jabar 2018. Sudrajat terakhir melaporkan hartanya pada November 2002 silam, di mana ketika itu kekayaannya sebesar Rp 3, 4 miliar.

 

(brl/pep)